in

Klarifikasi Pihak KOMINFO Soal Berita HOAX Registrasi Kartu Prabayar !

Klarifikasi Pihak KOMINFO Soal Berita HOAX Registrasi Kartu Prabayar

HitsAbis.com – Belum lama ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) telah merilis pengumuman terkait aturan terbaru yang mewajibkan seluruh masyarakat atau pengguna telepon genggam untuk melakukan Registrasi dengan cara mendaftarkan Nomor Induk Kependudukan dan Nomor Kartu Keluarga.

Aturan tersebut wajib di lakukan seluruh masyarakat mulai 31 Oktober 2017 kemarin. Kabarnya, Registrasi tersebut salah satu bentuk upaya pemerintah mencegah penyalahgunaan nomor pelanggan terutama pelanggan prabayar.

Selain itu, hal ini juga termasuk bentuk usaha pemerintah memberikan perlindungan kepada konsumen dan kepentingan nasional single identity. Namun sayangnya, belakangan ini kerap muncul berita palsu alias hoax yang beredar di kalangan masyarakat melalui broadcast di media sosial dan aplikasi pesan singkat.

Salah satu berita hoaxnya adalah KOMINFO akan memblokir nomor kartu prabayar yang meremahkan atau tidak mentaati aturan untuk melakukan Registrasi dengan NIK KTP dan Nomor Kartu Keluarga pada 31 Oktober 2017.

Menurut penuturan dari Kepala Hubungan Masyarakat Kementerian Komunikasi dan Informatika, Noor Iza, meskipun pendaftaran belum di buka secara resmi, ternyata sudah ada enam juta nomor yang telah melakukan Registrasi NIK dan No KK hingga hari Selasa, 24 Oktober 2017 lalu.

Sebenarnya, pendaftaran Registrasi kartu prabayar akan di mulai pada 31 Oktober dan berakhi 28 Februari 2018 mendatang. Noor Iza menegaskan, jika ada kartu prabayar yang belum di Registrasi sampai tanggal 28 Februari 2018, akan ada sanksi berupa pemblokiran bertahap.

Terlebih ada informasi hoax yang beredar luas pada 22 Oktober 2017 lalu, yang menyebutkan jika pihak KOMINFO telah menyebarkan pesan singkat mengenai data pengguna kartu prabayar bisa di pakai oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan jika tidak di lakukan Registrasi, nomor akan di blokir.

Adapun berita hoax terkait Registrasi kartu prabayar berbahaya bagi penggunanya. Dalam informasi yang beredar, bahanya adalah data KTP dan KK bisa di gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk kemenangan Calon Pileg Pilpres 2019.

Tak hanya itu saja, informasi tersebut juga menyebut bahwa data pengguna dapat di lacak guna untuk menangkap seseorang dengan fitnah UU TERORIS atau UU ITE, data dapat di pergunakan dalam hal kejahatan seperti pembobolan ATM atau uang pribadi, data bisa di palsukan atau dapat di gandakan oleh mereka yang tak bertanggung jawab.

Noor Iza melanjutkan, jika masyarakat mendapat informasi terkait simpang siurnya pemberitaan Registrasi kartu prabayar, masyarakat bisa langsung menghubungi pihak operator telekomunikasi atau informasi langsung dari KOMINFO.

Nah, jadi buat masyarakat tetap wajib melakukan Registrasi kartu prabayar di ponsel kalian ya. Bedakan berita Palsu dan beneran.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Berikut Ini Resep Makanan Kekinian, Mudah Nggak ?

Berikut Ini Resep Makanan Kekinian, Mudah Nggak ?

November Wish Viral di Medsos, Ini Harapan Netizen !

November Wish Viral di Medsos, Ini Harapan Netizen !